Tuesday 20 July 2010

PENGERTIAN INTERNET

1. Pengertian Internet
Internet kepanjangan dari International Networking. Dan adapula yang mengatakan bahwa internet kepanjangan dari Interconnected Network. Yang dapat diartikan jaringan internasional atau jaringan yang saling berhubungan. Jadi pengertian internet adalah Kumpulan komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan diseluruh dunia.
Dalam dunia pendidikan pun internet mempunyai pengertian sebuah perpustakaan besar yang didalamnya berbagai informasi baik mengenai text, graphic, audio, maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.
Internet sendiri mempunyai peran sebagai sarana pertukaran data dan sarana komnikasi.

2. Intranet
Jaringan intranet adalah jaringan yang terhubung dengan internet tetapi menggunakan teknologi standrat komunikasi internet dan menyediakan fasilitas-fasilitas informasi pada user-user pribadi.
Contohnya : Suatu perusahaan memasang server web yang hanya dapat diakses oleh pegawainya sendiri , dan para pegawainya mengakses dengan menggunakan web browser.

Ada pula yang mengatakan bahwa jaringan Intranet adalah jaringan LAN, akan tetapi memiliki fasilitas seperti internet, misal saja email, chat, juga memiliki data base yang tinggi.

3. Mengapa Internet Cepat Berkembang
Internet cepat berkembang karena kebutuhan manusia yang semakin berkembang akan pemenuhan hidup baik informasi maupun bertukar informasi sehingga mencapai tujuan.

Jaringan internet dapat berkomunikasi dikarenakan memiliki bahas komputer ( protocol, yang dikenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) merupakan alamat data komputer ( sinyal electrik), sehingga dapat dikirim ke antar komputer.

No comments:

Post a Comment